• Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • Tentang Kami
Thursday, July 17, 2025
  • Login
Portallnews.id
Advertisement
  • Beranda
  • News
  • Hukum & Kriminal
  • E-Magazine
  • Politik
  • Lampung
    • Bandar Lampung
    • Lampung Barat
    • Lampung Selatan
    • Lampung Tengah
    • Lampung Timur
    • Lampung Utara
    • Mesuji
    • Metro
    • Pesawaran
    • Pesisir Barat
    • Pringsewu
    • Tanggamus
    • Tulang Bawang
    • Tulang Bawang Barat
  • Pendidikan
  • Olahraga
    • Kesehatan
  • Ekonomi
No Result
View All Result
Portallnews.id
  • Beranda
  • News
  • Hukum & Kriminal
  • E-Magazine
  • Politik
  • Lampung
    • Bandar Lampung
    • Lampung Barat
    • Lampung Selatan
    • Lampung Tengah
    • Lampung Timur
    • Lampung Utara
    • Mesuji
    • Metro
    • Pesawaran
    • Pesisir Barat
    • Pringsewu
    • Tanggamus
    • Tulang Bawang
    • Tulang Bawang Barat
  • Pendidikan
  • Olahraga
    • Kesehatan
  • Ekonomi
No Result
View All Result
Portallnews.id
No Result
View All Result
Home Ekonomi

PGN Lampung Sosialisasi Layanan Gas Bumi ke Pelanggan Korpri Raya

by portall news
July 16, 2025
in Ekonomi, Headline
PGN Lampung Sosialisasi Layanan Gas Bumi ke Pelanggan Korpri Raya

Tim PGN Lampung melakukan sosialisasi berlangganan gas bumi dan edukasi keselamatan menggunakan gas bumi kepada para pelanggan di Kelurahan Korpri Raya, Sukarame, Bandar Lampung, Rabu, 16 Juli 2025. FOTO/DOK

113
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

PORTALLNEWS.ID (Bandar Lampung) – PT Perusahaan Gas Negara,Tbk (PGN) Lampung melakukan “Sosialisasi Berlangganan dan Edukasi Keselamatan Pengguna Gas Bumi Pelangganan Rumah Tangga” kepada pelanggan jaringan gas rumah tangga di Kelurahan Korpri Raya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, pada Rabu, 16 Juli 2025.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh tim PGN Lampung dihadiri 83 pelanggan jaringan gas rumah tangga. Sebelum sosialisasi, para peserta mendapat layanan pemerikasaan kesehatan gratis, berupa cek gula darah, kolesterol dan asam urat.

Pimpinan PGN Area Lampung Ahmad Abrar mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk tanggung jawab PGN sebagai penyedia layanan jaringan gas rumah tangga. Selain memberikan edukasi tentang penggunaan gas bumi yang efisien dan aman, pihaknya juga menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat secara langsung di lapangan.

Baca Juga

Lapar Ngamuk, Kenyang Ngantuk (Refleksi Pertarungan Etis dari Sudut Pandang Filsafat Manusia)

MPLS, PDS dan Sanlat Nasional, Pondasi Pembelajaran di SMP Al Kautsar

Keyakinan Masyarakat Lampung terhadap Perekonomian Tetap Kuat di Juni 2025

“Tim kami menyampaikan tentang kelebihan menggunakan jaringan gas bumi yang lebih efisien dan aman. Gas bumi tidak beracun, tidak berwarna, dan lebih ringan di udara, sehingga jika terjadi kebocoran cepat menguap di udara dan tidak mengendap di dalam ruangan,” kata Abrar.

Kelebihan lainnya, gas tersedia 24 jam sehingga pelanggan tidak perlu khawatir kehabisan gas di tengah malam, dan tidak perlu mengantri untuk mendapatkan gas ketika terjadi kelangkaan gas tabung di pasaran.

Menurut Abrar, penggunaan gas bumi juga lebih murah dibanding gas tabung. Harga gas bumi terbagi atas tiga kategori, yaitu harga untuk Rumah Tangga (RT) 1 Rp 4.750 per meter kubik, RT 2 dengan harga Rp. 6.250 per meter kubik, dan GPir untuk golongan pelanggan kecil dengan harga Rp10.000 per meter kubik.

Range kontrak penggunaan gas bumi mulai dari 4 meter kubik hingga 50 meter kubik. Angka 4 meter kubik merupakan batas minimum pemakaian gas yang dikenakan biaya, sehingga bagi pelanggan kategori GPiR yang menggunakan gas dibawah 4 meter kubik per bulan, tetap akan membayar biaya minimum Rp40 Ribu per bulan. Sedangkan 50 meter kubik merupakan batas maksimum pemakaian, jika pemakaian lebih dari 50 meter kubik per bulan, maka akan dikenai biaya tambahan atau tarif yang berbeda.

Dia mengingatkan, pelanggan untuk tepat waktu melakukan pembayaran gas, mulai tangga 6 sampai tanggal 20 setiap bulannya.

“Pembayaran bisa dilakukan di minimarket seperti Indomart, Alfamart, marketplace shopee, dan aplikasi mobile banking, termasuk di Bank Lampung,” ujar Abrar.

Para peserta sosialisasi gas bumi PGN melakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat secara gratis. FOTO/PORTALLNEWS.ID

PGN Mobile : Catat Meter Sendiri

Dalam kegiatan tersebut, beberapa pelanggan mengeluhkan biaya gas bulanan yang tidak stabil, terkadang tinggi, terkadang rendah. Menanggapi keluhan tersebut, Ahmad Abrar menjelaskan, bahwa proses pencatatan meteran dari PGN masih menerapkan pencatatan aktual tiga bulan sekali. Jadi, petugas lapangan akan mendatangi rumah-rumah pelanggan tiga bulan sekali untuk mencatat meteran secara aktual. Sedangkan, pada dua bulan lainnya dilakukan estimasi sesuai dengan riwayat pemakaian pelanggan.

“Ibu-ibu tidak perlu khawatir karena saat di bulan ketiga, petugas akan turun ke rumah-rumah untuk mencatat angka di meteran sehingga pemakaian terkalibrasi, jadi jika ada kelebihan bayar akan digunakan untuk pembayaran bulan berikut, jika ada kekurangan akan ditagihkan ke bulan berikutnya. Coba ingat-ingat, Ibu-Ibu pernah nggak mau bayar kok nggak bisa, tertulis sudah dibayar, itu karena kelebihan bayar, jadi Ibu nggak bayar lagi,” jelas Ahmad Abrar.

Dia menyarankan, jika tidak ingin terkena estimasi, maka pelanggan bisa menggunakan aplikasi PGN Mobile untuk mencatat meter mandiri. Caranya, download PGN Mobile, lalu login menggunakan ID pelanggan, dan masuk ke Akun Anda, pilih menu “Catat Meter Mandiri”.

“Jadi Ibu-Ibu bisa memfoto meteran gas, upload fotonya, tulis angka stand, dan kirim. PGN akan menggunakan data yang Ibu kirim melalui aplikasi PGN Mobile ini untuk menghitung tagihan gas setiap bulannya,” kata Ahmad Abrar.

“Jika dilakukan setiap bulan, dipastikan tidak kena estimasi, jadi sesuai dengan pemakaian Ibu-Ibu semua,” tambahnya.

Menurut Ahmad Abrar, para pelanggan juga bisa menghubungi nomor layanan WA Business PGN pada kontak 0815-1150-0645 atau PGN Contact Center 135 dan memilih menu No. ”5” untuk menyampaikan masalah tagihan, keluhan, ataupun untuk mendapatkan informasi tentang jaringan gas bumi dan ingin berlangganan.

Tim PGN Lampung memberikan doorprize kepada peserta sosialisasi. FOTO/DOK

Tips Aman Menggunakan Gas Bumi

Selain sosialisasi layanan pelanggan, tim PGN memberikan edukasi tentang keselamatan penggunaan gas bumi pada jaringan rumah tangga. Ahmad Abrar mengatakan, sambungan pipa dari PGN sepanjang 10 meter ke rumah dijamin aman dan tidak rawan bocor karena menggunakan bahan galvanis. Sedangkan sambungan pipa dalam rumah ke kompor menjadi tanggung jawab pelanggan.

“Jadi pastiin pipanya ataupun selangnya bagus, jangan sampai bocor. Kemungkinan bocor karena karatan, kena air di sambungan rumah tangganya. Oleh karena itu kalau mau aman, tutup keran gas ketika meninggalkan rumah, dan jangan meninggalkan rumah jika kompor masih menyala,” papar Ahmad Abrar.

Dia juga menyampaikan cara mengatasi jika terjadi dugaan kebocoran gas. Jika mencium bau gas, jangan menyalakan api dan listrik, tutup semua keran gas, buka jendela dan ventilasi udara, cek kebocoran di meter sambungan pipa dan sambungan selang menggunakan busa sabun. Jika kebocoran terjadi di selang kompor, kencangan klem pengikat selang kompor, tetapi jika kebocoran terjadi di sambungan rumah, tutup semua keran gas dan hubungi Pertamina Contact Center 135, kemudian pilih menu No. ”5”.

“Coba saya tanya, di sini ada yang pernah mengalami kebocoran gas nggak?” kata Ahmad Abrar. Dan dijawab serentak oleh peserta “Enggak.”

“Alhamdulillah, semoga tidak pernah terjadi kebocoran ya Bu,” lanjut Ahmad Abrar.

Pihak PGN juga menayangkan video tentang keamanan menggunakan gas bumi. Dalam video dijelaskan agar jaringan gas tidak berdekatan dengan instalasi listrik, meteran gas tidak berdekatan dengan meteran listrik, tempatkan meteran gas di area kering dan terbuka, jangan tindih meteran gas dengan beban apapun, jauhkan dari jangkauan anak-anak, dan dapur harus memiliki ventilasi yang baik.

Bersyukur Ada Gas Bumi

Pada kesempatan ini, beberapa pelanggan menyampaikan pengalamannya selama menggunakan jaringan gas rumah tangga. Salah satu pelanggan, Imah, mengatakan senang menjadi pelanggan gas bumi karena di usianya yang sudah tua, dia takut memasang selang tabung gas. Dengan berlangganan gas bumi, dia tidak perlu lagi memasang selang tabung gas, dan tidak khawatir kehabisan gas di malam hari.

“Alhamdulillah ada gas bumi ini, kita nggak repot kalau kehabisan gas, untuk nenek-nenek kayak saya gini walaupun malam, siang, hujan, aman pakai gas kapan pun. Mudah-mudahan lancar terus bayarnya,” kata Imah sambil tertawa kecil.

Hal yang sama disampaikan oleh Desi. Dia mengaku tidak perlu lagi mengantri membeli tabung gas di warung. Apalagi saat terjadi kelangkaan gas, tidak perlu berkeliling ke warung-warung untuk mencari tabung gas.

“Sangat menguntungkan, saya nggak perlu ngantri ke warung, kalau lagi susah gas nggak bingung nyari gas. Kekurangannya dikit, setiap bulannya harganya beda-beda, kadang tinggi, kadang turun, semoga nanti harganya bisa stabil,” ujar Desi.

Pelanggan lain, Rusna juga sudah menggunakan jaringan gas bumi sejak 2018. Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya gas bumi, saat ini di rumahnya tidak lagi menggunakan gas tabung.

“Sehari-hari saya pakai gas bumi, walau kadang bayarannya naik 150 ribu sebulan, tapi bulan ini turun, nggak apa-apa, yang penting lancar semua. Saya ketua RT, di tempat saya itu ada 60 unit rumah yang berlangganan gas bumi, paling banyak di RT saya, terimakasih PGN sangat membantu,” tutur Rusnah.

Kegiatan sosialisasi dimeriahkan dengan pemberian door prize kepada peserta. Diakhir acara, para peserta juga dapat menukarkan kupon nomor absensi untuk menebus sembako murah berisi gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan serenteng minuman sereal. (RINDA/R-1)

Previous Post

Lapar Ngamuk, Kenyang Ngantuk (Refleksi Pertarungan Etis dari Sudut Pandang Filsafat Manusia)

No Result
View All Result

Recent Posts

  • PGN Lampung Sosialisasi Layanan Gas Bumi ke Pelanggan Korpri Raya
  • Lapar Ngamuk, Kenyang Ngantuk (Refleksi Pertarungan Etis dari Sudut Pandang Filsafat Manusia)
  • UTB Bandar Lampung Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2025/2026
  • MPLS, PDS dan Sanlat Nasional, Pondasi Pembelajaran di SMP Al Kautsar
  • Keyakinan Masyarakat Lampung terhadap Perekonomian Tetap Kuat di Juni 2025

Recent Comments

  • portall news on British Propolis Dapat Mengobati Berbagai Penyakit Ini
  • Icha on British Propolis Dapat Mengobati Berbagai Penyakit Ini
Portallnews.id

© 2020 Portallnews.id

PORTALLNEWS.ID hadir ke tengah masyarakat memberikan sajian berita yang berkualitas dan berimbang.

  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • Beranda
  • News
  • Hukum & Kriminal
  • E-Magazine
  • Politik
  • Lampung
    • Bandar Lampung
    • Lampung Barat
    • Lampung Selatan
    • Lampung Tengah
    • Lampung Timur
    • Lampung Utara
    • Mesuji
    • Metro
    • Pesawaran
    • Pesisir Barat
    • Pringsewu
    • Tanggamus
    • Tulang Bawang
    • Tulang Bawang Barat
  • Pendidikan
  • Olahraga
    • Kesehatan
  • Ekonomi

© 2020 Portallnews.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist