PORTALLNEWS.ID – Dosen ITERA berkolaborasi dengan dosen UIN Raden Intan memberikan pelatihan digital marketing kepada karyawan Warkop WAW, Minggu (24/1/2021).
Pelatihan bertajuk ‘Digital Marketing serta Edukasi kepada Karyawan Warkop WAW di era Pandemi’ ini dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Pemateri terdiri dari empat dosen ITERA yaitu Zunanik Mufidah, Rudi Setiawan, S.T., M.T., Sabar, S.Pd., M.Si, dan La Ode Arham, S.Pd., M.T., serta satu dosen dari UIN Raden Intan, Willia Novi Aryani, M.A.
Pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Zunanik Mufidah yang menyampaikan tentang pentingnya ilmu dan skill digital marketing.
Zunanik mengatakan, seorang pembisnis harus mampu mengenali keunggulan produk yang dia jual agar dapat menentukan target pasar secara tepat.
“Misalnya, keunggulan yang dimiliki oleh produk Kopi WAW adalah kopi kesehatan, maka keunggulan ini lah yang disampaikan kepada masyarakat,” ujar Zunanik.
Materi selanjutnya tentang tips dan trik marketing disampaikan oleh Willia Novi Aryani. Dia menekankan kunci utama kesuksesan dalam marketing adalah membangun kepercayaan konsumen.
“Bagaimana membangun kepercayaan konsumen? Ya, kita harus jujur tentang produk yang kita jual. Jika, konsumen benar-benar merasakan manfaatnya, maka dia akan menjadi konsumen yang loyal,” ujarnya.
Membuat Konten Produk
Pada sesi kedua, Rudi Setiawan menyampaikan tentang strategi mengelola media sosial, bahwa konten yang dipublis harus menarik perhatian follower. Untuk itu, pilihan desain dan warna baik pada foto atau video harus diperhatikan.
“Desain dalam postingan di media sosial itu harus bisa mendefinisikan produk anda, sehingga mampu meningkatkan engagement dari followers/target pasar,” tutur Rudi.
Tidak hanya sharing materi, Rudi juga memberikan praktik singkat membuat postingan yang menarik menggunakan aplikasi Canva.
Selanjutnya, La Ode Arham memaparkan tentang pentingnya copy writing yang dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan membeli produk yang dijual.
Di sesi penutup, Sabar mempraktikkan cara membuat postingan yang menarik di youtube.
Sabar juga menjelaskan pentingnya menerapkan search engine optimization (SEO) agar video yang di-upload dapat muncul di pencarian teratas google.
Sementara itu, Owner Warkop WAW Ismail Komar, S.H. M.M. berharap kegiatan serupa dapat berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kompetensi karyawan Warkop WAW.
“Dengan adanya pelatihan digital marketing hari ini tentunya dapat meningkatkan soft skill karyawan Warkop WAW. Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan ke depannya,” pungkas Komar.