PORTALLNEWS.ID – Program Belajar Dari Rumah (BDR) yang dilaksanakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapat respon positif dari siswa dan guru.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, meyakini perangkat teknologi mampu menjawab tantangan pembelajaran jarak jauh.
Namun, dia melihat ada selisih besar antara siswa yang memiliki akses terhadap teknologi dengan yang tidak.
Untuk mengatasi masalah keterbatasan akses tekhnologi ini, Kemendikbud menggagas Program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan setiap hari di TVRI.
“Acara ini merupakan salah satu alternatif belajar bagi siswa dan keluarga yang memiliki keterbatasan pada akses internet,” ujar Nadiem seperti dikutip dari situs resmi kemendikbud.go.id.
Hal tersebut disampaikan Nadiem pada acara media briefing Adaptasi Sistem Pendidikan selama Covid-19, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/5/2020).
Melalui program ini, dia berharap anak-anak memperoleh stimulus untuk terus belajar di rumahnya masing-masing.
Untuk mengukur efektifitas program belajar di televisi, Kemendikbud bersama UNICEF telah melakukan survei.
Tim survei mengevaluasi pelaksanaan program Belajar dari Rumah di TVRI sejak ditayangkan mulai 13 April 2020 yang lalu.
Hasilnya sebanyak 99 persen guru, siswa, dan orang tua, baik di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) maupun non-3T mengetahui adanya program belajar dari Rumah.
Selain itu, sebanyak 94% guru di wilayah 3T pernah menonton program BDR di TVRI.
Di wilayah 3T, frekuensi guru menonton program BDR ini sebanyak 3,2 kali dalam seminggu.
Sementara di wilayah non-3T sebanyak 4,1 kali dalam seminggu. Secara umum, tingkat kesenangan menonton program BDR cukup baik.
Bagi siswa, skor yang didapatkan sebesar 7,8 (skala 1-10) dan bagi orang tua sebesar 8,2. Dan, tingkat kesenangan guru di wilayah 3T sebesar 7, dan di wilayah non-3T sebesar 7,5.
TVRI menjadi saluran televisi yang paling banyak ditonton siswa selama pembelajaran dari rumah.
Sebanyak 52% responden di wilayah 3T menyatakan menonton lembaga penyiaran publik ini selama masa pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing.
Sementara itu, sebanyak 78,6% responden di wilayah non-3T menyatakan menonton TVRI selama masa pembelajaran dari rumah.
Kemendikbud saat ini tengah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait kemungkinan relai program dengan stasiun televisi lokal.
Selain itu, Kemendikbud juga sedang mengkaji metode pembelajaran luar jaringan atau offline lainnya bagi masyarakat 3T yang tidak memiliki televisi.
“Misalnya menggunakan radio, buku, maupun relawan” tuturnya.